Selasa, 07 September 2010

“Dari Eden ke Salib”

Kisah Kasih yang Menembus Batas-batas
Penulis Naskah : Poltak Marbun
History : Based on the Bible

Babak I
Tampilan Slide
Taman Eden
……. ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya ; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Kej 2:7.

(Pemain : Menampilkan kemesraan antara Allah dan manusia yang intim dan dekat. Mereka bercerita dan berjalan-jalan di Taman)
Dialog
"Semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." (Kej 2:16-17.)
Latar
Allah berpisah dari Adam. Allah tampak merenung. Adam tertidur, dan kemudian terbagun.
Tampilan Slide
"Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." (Kej 2:18).
Latar
(Adam berlari dan melompat dengan bangga… dan berteriak)
Dialog
"ha…ha..ha… Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku.
Latar
Menampilkan Adam dan Hawa berpegangan tangan … mengelilingi taman ……….selanjutnya …. Adam meninggalkan taman dan membiarkan Hawa sendirian mengamat-amati buah pohon ….. Hawa mengambil buah pohon pengetahuan …. memakan ….. mencari Adam ….. dan memberikan buah pohon

(Back Ground musik : suara menggelegar-suara gemuruh)

Dialog
Allah : Adam …. Adam …"Di manakah engkau?" (Kej 3:9).
Adam : "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang ; sebab itu aku bersembunyi."

Allah : "Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?"
Adam : "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan."
Allah : "Apakah yang telah kauperbuat ini?"
Hawa : "Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan."

Tampilan Slide
"………… Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan ; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu. Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya ; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

"……………. Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak ; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu ; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."

"………….. terkutuklah tanah karena engkau ; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu :
…………….. semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu ;
……………. dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil ; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu." Kej 3:14-24.
------------- selingan musik : Jesu Joy of Man Desiring : Kitaro ---------------

Babak II
Tampilan Slide
Kain dan Habel
(Kain dan habel sama-sama membawa korban bakaran didalam piring)
(Habel sangat khusuk didalam persembahannya … menyembah Allah. Kain Gelisah, menjungkir balikkan persembahannya dan menunjukkan hati yang panas terhadap adikknya…
Tampilan Slide
"Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu ; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."
Dialog
Kain : "Marilah kita pergi ke padang."
Latar
(Kain dan Habel berjalan-jala di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia).
Dialog
Allah : "Di mana Habel, adikmu itu?"
Kain : "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"
Tampilan Slide
"Apakah yang telah kauperbuat ini? Darah adikmu itu berteriak kepada-Ku dari tanah. Maka sekarang, terkutuklah engkau, terbuang jauh dari tanah yang mengangakan mulutnya untuk menerima darah adikmu itu dari tanganmu. Apabila engkau mengusahakan tanah itu, maka tanah itu tidak akan memberikan hasil sepenuhnya lagi kepadamu; engkau menjadi seorang pelarian dan pengembara di bumi."
------------- selingan musik : Jesu Joy of Man Desiring : Kitaro ---------------
Babak III
Tampilan Slide
Nuh (Kejadian 6)
Latar
(Laki-laki dan wanita banyak lalu-lalang….lalu laki-laki menarik wanita-wanita yang disukainya…)
Prolog
Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.
……. kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
Tampilan Slide
Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan. Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi. "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi. Kej 6:11-12.
Dialog
Orang I : Hei Nuh ….dah gila kau ya….buat Bahtera di Gunung…..
Orang II : Oi Nuh .. naung rintik doho…mambaen kapal ho di dolok-dolok?
Orang III : Kai e Nuh ….ku akap kam go mereng ….baen kapal kam I geleng …..kai e
Orang IV : Hei Nuh ….are you crazy… make the boat in the mountain?

Tampilan Slide
Nuh…"Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini. …….Sebab tujuh hari lagi Aku akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan Aku akan menghapuskan dari muka bumi segala yang ada, yang Kujadikan itu."

Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi. Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan busur itu tampak di awan, maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah ada antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa, sehingga segenap air tidak lagi menjadi air bah untuk memusnahkan segala yang hidup.
Babak IV
Tampilan Slide
Abram dan Isterinya Sarai
Latar
(Abram dan Sarai jalan jalan)
Dialog
Abram : "Memang aku tahu, bahwa engkau adalah seorang perempuan yang cantik parasnya. Apabila orang Mesir melihat engkau, mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup. Katakanlah, bahwa engkau adikku, supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau, dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau."
Latar
(Abram dan Sarai bertemu dengan Punggawa-punggawa Firaun)
Dialog
Punggawa Firaun I : Wah……Cantik benar wanita ini
Abram : Dia adalah adikku
Punggawa Firaun II : Ya benar…..dia adalah wanita tercantik di Dunia yang pernah saya lihat…mari kita bawa saja ke Istana, kita berikan kepada tuan kita Firaun
Firaun menyambut Abram dengan baik-baik, karena ia mengingini perempuan itu, dan Abram mendapat kambing domba, lembu sapi, keledai jantan, budak laki-laki dan perempuan, keledai betina dan unta.
Tetapi TUHAN menimpakan tulah yang hebat kepada Firaun, demikian juga kepada seisi istananya, karena Sarai, isteri Abram itu. Kej 12 17
------------- selingan musik : Jesu Joy of Man Desiring : Kitaro ---------------
Latar
(Abram duduk sedih sambil merenung, dan Sarai menghampirinya)
Dialog
Sarai : "Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Ambillah Hagar jadi isterimu… mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak."
Latar
(Abram berjalan-jalan dan memperhatikan Hagar yang sedang bekerja dan membawanya pergi)
(Hagar pakai kerudung)
------------- selingan musik : It Come Upon A Midnight Clear : Kitaro ---------------
Latar
(Hagar dan Sarai dan Abram)
Dialog
Hagar : Hei …perempuan mandul …. tak berguna …. sedang apa kau disitu?
Sarai : (Terdiam dan sedih ……lalu pergi….)
Sarai : (menemui Abram)
"Penghinaan yang kuderita ini adalah tanggung jawabmu ; akulah yang memberikan hambaku ke pangkuanmu, tetapi baru saja ia tahu, bahwa ia mengandung, ia memandang rendah akan aku ; TUHAN kiranya yang menjadi Hakim antara aku dan engkau."
Abram : "Hambamu itu di bawah kekuasaanmu ; perbuatlah kepadanya apa yang kaupandang baik." Sarai : (menemui Hagar ….. memaki-maki …. Hagar dan menyuruhnya pergi.. )
Tampilan Slide
Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael.
Babak V
Tampilan Slide
Musa
Prolog
"Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku ; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka. Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir."
Dialog
Musa : "Tuhan, Mengapa pula aku yang Kauutus? "Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?"
"Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah."
Allah : "Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, mem-buat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN? Oleh sebab itu, pergilah, Aku akan menyertai lidahmu dan mengajar engkau, apa yang harus kaukatakan."
Musa : "Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus."
------------- selingan musik : It Come Upon A Midnight Clear : Kitaro ----------------
Latar
Israel berangkat dari pembuangan Mesir menuju tanah perjanjian Kanaan
(Semua pada sibuk membawa pulang anggota kelurga dan ternak mereka)
(Setelah beberapa jauh…….. perjalanan….tentara Mesir mengejar orang Israel)
(Melihat tentara Mesir datang mengejar …kegaduhan terjadi …..)
Dialog
Orang I : "Apakah karena tidak ada kuburan di Mesir, maka engkau membawa kami untuk mati di padang gurun ini? Apakah yang kauperbuat ini terhadap kami dengan membawa kami keluar dari Mesir?
Orang II : “Bukankah ini telah kami katakan kepadamu di Mesir: Janganlah mengganggu kami dan biarlah kami bekerja pada orang Mesir. Sebab lebih baik bagi kami untuk bekerja pada orang Mesir dari pada mati di padang gurun ini."
Musa : "Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya. TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja."
Tampilan Slide
…… dibelah-Nya laut, diseberangkan-Nya mereka ; didirikan-Nya air sebagai bendungan, dituntun-Nya mereka dengan awan pada waktu siang, dan semalam suntuk dengan terang api ; dibelah-Nya gunung batu di padang gurun, diberi-Nya mereka minum banyak air seperti dari samudera raya; Mzr : 78:13-15
(Tentara Mesir lenyap)
Latar
(Orang Israel bernyanyi dan dipandu 1 orang yaitu Maryam saudara Harun)
("Menyanyilah bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur ; kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.")
------------- selingan musik : It Come Upon A Midnight Clear : Kitaro ----------------
Latar
(Bangsa Israel mengalami kelaparan dan lemas didalam perjalanan….dan mereka bersungut-sungut)
Dialog
Orang I : "Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan."
Musa : "Tenanglah, Tuhan akan memberi kamu makan sampai kenyang."
Tampilan Slide
Orang-orang bajingan yang ada di antara mereka kemasukan nafsu rakus ; dan orang Israelpun menangis.
Dialog
Orang I : "Siapakah yang akan memberi kita makan daging?
Orang II : "Begitu baik keadaan kita di Mesir, bukan? Disini kita tidak pernah makan daging. Daging…!!
Orang III : Untuk apakah kita keluar dari Mesir?"
(Mendengar itu sedih hati Musa dan dia pergi menghadap Tuhan)
Latar
(Ketika Musa berdoa…Israel menyingkir dari latar)
Dialog
Musa : Ya Allah, Akukah yang mengandung seluruh bangsa ini atau akukah yang melahirkannya, sehingga Engkau berkata kepadaku : Pangkulah dia seperti pak pengasuh memangku anak yang menyusu, berjalan ke tanah yang Kaujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyangnya? Dari manakah aku mengambil daging untuk diberikan kepada seluruh bangsa ini? Sebab mereka menangis kepadaku dengan berkata : Berilah kami daging untuk dimakan.
Latar
(Setelah Musa selesai berdoa…Israel bertemu dengan Musa)
Dialog
Musa : Kuduskanlah dirimu untuk besok, maka kamu akan makan daging ; Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan sepuluh hari, bukan dua puluh hari, tetapi genap sebulan lamanya, sampai keluar dari dalam hidungmu dan sampai kamu muak.
------------- selingan musik : Jesu Joy of Man Desiring : Kitaro ----------------
Dialog
Israel I : Harun…. Musa sudah lama tidak turun dari Gunung itu…. "Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir--kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia."
Israel II : Mungkin dia sudah mati
Harun : "Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga isterimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku."
Latar
(Harun membuat patung dari Emas)
Harun : "Hai Israel, inilah Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir!"
Harun : "Besok hari raya bagi TUHAN!"
Latar
(Setelah mempersembahkan korban, Israel berpesta sambil menari-nari…dan menyembah patung Lembu yang dibuat oleh Imam Harun)

Prolog
Allah : Musa….. "Pergilah, turunlah, sebab bangsamu yang kaupimpin keluar dari tanah Mesir telah rusak lakunya……… mereka telah membuat anak lembu tuangan, dan kepadanya mereka sujud menyembah dan mempersembahkan korban. sambil berkata : Hai Israel, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir."
Allah : Musa….. "Telah Kulihat bangsa ini dan sesungguhnya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk. Oleh sebab itu biarkanlah Aku, supaya murka-Ku bangkit terhadap mereka dan Aku akan membinasakan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang besar."
Latar
(Israel menari-nari sambil menyembah patung Emas …)
(Musa datang, marah dan berteriak)
Dialog
Musa : Apa yang kamu perbuat ini….
(Musa melemparkan 2 loh Hukum Taurat…dan merusak patung Emas itu … seluruh bangsa Israel pergi dari latar …. Musa sendirian dan sedih)
------------- selingan musik : Jesu Joy of Man Desiring : Kitaro ----------------
Allah : Lihatlah “Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub; demikian : Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang ke sana."
Tampilan Slide
Berbahagialah engkau, hai Israel; siapakah yang sama dengan engkau? Suatu bangsa yang diselamatkan oleh TUHAN, perisai pertolongan dan pedang kejayaanmu.
"Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan. Engkau tetap tegar tengkuk.

Babak VI
Tampilan Slide
Hakim-Hakim
Gideon
Gideon mengalahkan Midian. Menawan Zebah dan Salmuna kedua raja Midian. Dan seluruh tentaranya diceraiberaikannya.
Latar
(Israel bersukacita karena selamat dari Midian….didalam keramaian orang-orang Israel berteriak)
Dialog
Israel : "Biarlah engkau memerintah kami, baik engkau baik anakmu maupun cucumu, sebab engkau-lah yang telah menyelamatkan kami dari tangan orang Midian."
Gideon : "Aku tidak akan memerintah kamu dan juga anakku tidak akan memerintah kamu tetapi TUHAN yang memerintah kamu." Tetapi, "Satu hal saja yang kuminta kepadamu : Baiklah kamu masing-masing memberikan anting-anting dari jarahannya." Karena musuh itu beranting-anting mas, sebab mereka orang Ismael.
Israel : (mengumpulkan Emas dan perak)
Tampilan Slide
Gideon membuat efod dari emas yang dikumpulkannya …… dan menempatkannya di kotanya, Ofra. Di sanalah orang Israel berlaku serong dengan menyembah efod itu ; inilah yang menjadi jerat bagi Gideon dan seisi rumahnya.
------------- selingan musik : Jesu Joy of Man Desiring : Kitaro ----------------
Tampilan Slide
Simson & Delilah
Latar
(Delilah berjalan dengan mengenakan kerudung ….. lalu simson tertarik dan mengambil Delilah jadi isterinya).

Babak VII
Tampilan Slide
Raja-raja
Samuel
Israel menolak di perintah oleh Tuhan
Latar
(Melihat Samuel telah tua….Israel berkumpul dihadapan Samuel)
Dialog
Tua-Tua : "Engkau sudah tua dan anak-anakmu tidak hidup seperti engkau ; maka angkatlah sekarang seorang raja atas kami untuk memerintah kami, seperti pada segala bangsa-bangsa lain."
Samuel : Apa yang kamu lakukan ini, kamu sudah mempunyai Tuhan sebagai Rajamu.
Tua-Tua : Kami tidak mau diperintah oleh Tuhan, angkat bagi kami seorang Raja yang memerintah kami seperti bangsa lain, yang memimpin kami dalam perang.
Samuel : Tuhanlah yang menjadi Raja atas kamu!!!!!!
Tua-Tua : "Tidak, harus ada raja atas kami ; maka kamipun akan sama seperti segala bangsa-bangsa lain.
Samuel : Kamu telah membuat aku kesal, dengan meminta Raja bagi kamu. Aku akan bertanya dulu kepada Tuhan.
(Israel pergi…. dan tinggal Samuel di latar…)
Samuel : Ya Allah, bangsa ini meminta seorang Raja bagi mereka, apa yang harus kuperbuat?
Prolog
"Dengarkanlah perkataan bangsa itu dalam segala hal yang dikatakan mereka kepadamu, sebab bukan engkau yang mereka tolak, tetapi Akulah yang mereka tolak, supaya jangan Aku menjadi raja atas mereka.
------------- selingan musik : Rosa Mystica : Kitaro ----------------
Tampilan Slide
Daud
Prolog
Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah. Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah.
Tampilan Slide
Dibalik Indahnya Mazmur Daud
Latar
Daud baru bangun tidur dan berjalan-jalan…sambil melihat-lihat …. kemudian dia memperhatikan Betsyeba yang sedang mandi … (Betsyeba membawa handuk dan peralatan mandi)
Dialog
Daud : Siapa wanita itu?
Pegawainya : Itu adalah Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu."
Daud : O Batsyeba…… suruhlah dia datang kepadaku….
(Betsyeba datang dengan dandanan indah….)
Daud : Marilah ….. (Daud membawa Betsyeba)
------------- selingan musik : It Come Upon A Midnight Clear : Kitaro ----------------
Betsyeba : Tuanku, beritahukanlah kepada tuanku Daud bahwa saya hamil.
Suruhan : Tuanku, Batsyeba binti Eliam, isteri Uria orang Het itu, menyuruh memberitahukan ke-pada tuanku, bahwa Batsyeba sedang mengandung.
(Pesuruh undur dari hadapan Raja Daud)
Daud : (Daud bingung dan berpikir-pikir dan memanggil suruhannya)
Katakan kepada Yoab agar dia menyuruh Uria kembali dari perang dan datang kepadaku…
Pegawainya : Baik tuanku…
(Daud bertemu dengan Uria)
Daud : Uria…bagaiamana keadaan Yoab, tentara kita dan keadaan perang?
Uria : "Tabut serta orang Israel dan orang Yehuda diam dalam pondok, juga tuanku Yoab dan hamba-hamba tuanku sendiri berkemah di padang.
Daud : Uria…."Pergilah ke rumahmu dan basuhlah kakimu."
Uria : Demi hidupmu dan demi nyawamu, masakan aku pulang ke rumahku untuk makan minum dan tidur dengan isteriku? aku takkan melakukan hal itu!"
(Daud menulis surat kepada Yoab)
Daud : Uria …sampaikan surat ini kepada Yoab
Latar
Yoab membaca surat Daud
Tampilan Slide
"Tempatkanlah Uria di barisan depan dalam pertempuran yang paling hebat, kemudian kamu mengundurkan diri dari padanya, supaya ia terbunuh mati."
Latar
Yoab menyuruh hambanya menceritakan keadaan perang
(Daud bertemu dengan utusan Yoab)
Suruhan : hambamu Uria, orang Het itu, sudah mati."
------------- selingan musik : It Come Upon A Midnight Clear : Kitaro ----------------
Tampilan Slide
Salomo
Salomo menjadi raja atas seluruh Israel.
- Mempunyai dua belas orang kepala daerah atas seluruh Israel dan berkuasa atas segala kerajaan mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan sampai ke tapal batas Mesir.
- Ia berkuasa atas seluruh tanah di sebelah sini sungai Efrat, mulai dari Tifsah sampai ke Gaza, dan atas semua raja di sebelah sini sungai Efrat.
- Mempunyai kuda empat puluh ribu kandang untuk kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda.
- Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut, sehingga hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur dan melebihi segala hikmat orang Mesir.
- Ia lebih bijaksana dari pada semua orang, dari pada Etan, orang Ezrahi itu, dan dari pada Heman, Kalkol dan Darda, anak-anak Mahol.
- Ia menggubah tiga ribu amsal, dan nyanyiannya ada seribu lima.
- menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu.
Prolog
Allah : Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud.
Tetapi jika kamu ini dan anak-anakmu berbalik dari pada-Ku, ……. maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku itu, akan Kubuang dari hadapan-Ku, ….. dan akan menjadi reruntuhan.
------------- selingan musik : It Come Upon A Midnight Clear : Kitaro ----------------
Tampilan Slide
Dibalik Indahnya amsal Salomo dan dibalik hikmad yang besar dari Allah.
Prolog
Salomo mencintai banyak perempuan asing. Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN. Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN

Prolog
"Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu.
Tampilan Slide
Setelah Raja Salomo meninggal, sesuai dengan Firman Tuhan, Kerajaan itu terkoyak menjadi dua yaitu : Israel Utara yang disebut dengan Yehuda dengan ibukota GALILEA dan Israel selatan yang disebut Israel dengan ibukota Yerusalem
------------- selingan musik : It Come Upon A Midnight Clear : Kitaro ----------------

Babak VIII
Tampilan Slide
Nabi-Nabi
Setelah pecahnya Kerajaan, Yehuda dan Israel berganti-ganti pemimpin yang banyak melukai hati Tuhan. Sampai datangnya Nubuatan Nabi Yesaya di Zaman Raja Hizkia.
Dialog
Yesaya : "Dengarkanlah firman TUHAN! Sesungguhnya, suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN. Dan dari keturunanmu yang akan kauperoleh, akan diambil orang untuk menjadi sida-sida di istana raja Babel."
Hizkia : "Sungguh baik firman TUHAN yang engkau ucapkan itu!"
(Hizkia menganggap seperle Firman Tuhan dan bersuara pelan….)
Hizkia : Yang penting "Asal ada damai dan keamanan seumur hidupku!"
Prolog
Pada zaman Raja Zedekia Israel Utara yang disebut Yehuda… Raja Babel waktu itu Nebukadnezar, mengepung tembok Yerusalem dan menaklukkannya. Dan bangsa Israel diangkut ke pembuangan di Babel.
Inilah jumlah rakyat yang diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebukadnezar :
- dalam tahun ketujuh : tiga ribu dua puluh tiga orang Yehuda;
- dalam tahun kedelapan belas : delapan ratus tiga puluh dua jiwa dari Yerusalem;
- dalam tahun kedua puluh : tujuh ratus empat puluh lima jiwa orang Yehuda ; seluruhnya berjumlah empat ribu enam ratus jiwa.
------------- selingan musik : Yerusalem-Yerusalem, na timbul nahinan ----------------
Tampilan Slide
Tangisan atas runtuhnya Yerusalem
Prolog
Sungguh, Yerusalem telah runtuh dan Yehuda telah rubuh ;
sebab perkataan mereka dan perbuatan mereka melawan TUHAN
dan mereka menantang kemuliaan hadirat-Nya.

Ah, betapa terpencilnya kota itu, yang dahulu ramai!
Laksana seorang jandalah ia, yang dahulu agung di antara bangsa-bangsa.
Yang dahulu ratu di antara kota-kota, sekarang menjadi jajahan.
Pada malam hari tersedu-sedu ia menangis, air matanya bercucuran di pipi;
dari semua kekasihnya, tak ada seorangpun yang menghibur dia. Semua temannya mengkhianatinya.

Terkenanglah Yerusalem, pada hari-hari sengsara dan penderitaannya,
akan segala harta benda yang dimilikinya dahulu kala;
tatkala penduduknya jatuh ke tangan lawan, dan tak ada penolong baginya,
para lawan memandangnya, dan tertawa karena keruntuhannya.

Ah, betapa Tuhan menyelubungi puteri Sion dengan awan dalam murka-Nya!
Keagungan Israel dilemparkan-Nya dari langit ke bumi.
Tak diingat-Nya akan tumpuan kaki-Nya tatkala Ia murka.
Tanpa belas kasihan Tuhan memusnahkan segala ladang Yakub.
Ia menghancurkan dalam amarah-Nya benteng-benteng puteri Yehuda.
Ia mencampakkan ke bumi dan mencemarkan kerajaan dan pemimpin-pemimpinnya.

TUHAN telah memutuskan untuk mempuingkan tembok puteri Sion.
Rajanya dan pemimpin-pemimpinnya berada di antara bangsa-bangsa asing.
Tak ada petunjuk dari TUHAN, bahkan nabi-nabi tidak menerima lagi wahyu dari pada-Nya.

Duduklah tertegun di tanah para tua-tua puteri Sion;
mereka menabur abu di atas kepala, dan mengenakan kain kabung.
Dara-dara Yerusalem menundukkan kepalanya ke tanah.

Sekalian orang yang lewat bertepuk tangan karena engkau.
Mereka bersuit-suit dan menggelengkan kepalanya mengenai puteri Yerusalem:
"Inikah kota yang disebut orang kota yang paling indah, kesukaan dunia semesta?"

Sungguh, Yerusalem telah runtuh dan Yehuda telah rubuh ;
sebab perkataan mereka dan perbuatan mereka melawan TUHAN
dan mereka menantang kemuliaan hadirat-Nya.

Dengarlah, hai langit, dan perhatikanlah, hai bumi. "Aku membesarkan anak-anak dan mengasuhnya, tetapi mereka memberontak terhadap Aku. Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak ; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya."

Mengapakah bangsa ini berpaling, berpaling terus-menerus? Mereka berpegang pada tipu, mereka menolak untuk kembali. Bahkan burung ranggung di udara mengetahui musimnya, burung tekukur, burung layang-layang dan burung bangau berpegang pada waktu kembalinya, tetapi umat-Ku tidak mengetahui hukum TUHAN.
------------- selingan musik : Yerusalem-Yerusalem, na timbul nahinan ----------------

Babak X : Keadaan Israel akan dipulihkan. Nubuatan tentang lahirnya Juruselamat
Tampilan Slide
Prolog
Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Allahmu, tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya.

"Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;

Babak IX : Allah Terdiam
Prolog
Empat ratus tahun Allah terdiam, tidak berbicara apa-apa kepada Israel. Sampai tahun ke empat sebelum Masehi, saat Israel dijajah oleh Roma dan Herodes Agung menjadi Gubernur Roma di Galilea. Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya melalui kelahiran Tuhan Yesus Kristus, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada.

Dengarlah, hai bangsa-bangsa sekalian!
Perhatikanlah, hai bumi serta isinya!
Biarlah Tuhan ALLAH menjadi saksi terhadap kamu,
yakni Tuhan dari bait-Nya yang kudus.

Sebab sesungguhnya, TUHAN keluar dari tempat-Nya
dan turun berjejak di atas bukit-bukit bumi.
Semuanya ini terjadi karena pelanggaran Yakub,
dan karena dosa kaum Israel.
------------- selingan musik : Great Halleluyah : Handel ----------------

Babak IX : Pemberitahuan Kelahiran Tuhan Yesus
Tampilan Slide
Latar
(Maria sedang berjalan-jalan dan menjalani kesibukan sehari-hari….. tiba-tiba ada suara Malaikat Gabriel)
Dialog
Gabriel : "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
Maria : (Maria terkejut mendengar perkataan itu).
Gabriel : "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesung-guhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
Maria : "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
Gabriel : "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Maria : "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu."
------------- selingan musik : Silent Night : Kitaro ----------------
Latar
(Maria dan Yusuf berkeliling tempat mencari penginapan dan tidak ada yang memberikan tempat).
Prolog
Oh malam…….
Siapakah yang datang menghampiri didalam kegelapan?
Tak ada tempat bagi Juruselamat….
Yang ada adalah kebengisan dan ke egoisan

Oh Juruselamat…
Engkau datang miskin dan kecil
Terbaring gembira di palungan bersama dinginnya malam
Hadir di istana keterbuangan manusia

Oh.. gembala di padang
Orang-orang yang tersingkir dari dunia
Tidak perlu ikut mendaftar, karena tidak memiliki apa-apa
Berbahagialah….sang Juruselamat berkenan

Oh jiwaku
Tak adakah tempat di hatimu yang kosong?
Juruselamatmu datang
Terbukakah pintu untukNya?


Oh Tuhan ku
Tak ada tempat Mu …..dahulu
Jiwaku palungan Mu
Datanglah segera…hangatkan hati yang kelu

Latar
(Maria membawa Yesus ke Yerusalem untuk menyerahkannya kepada Tuhan).
(Simeon melihat Yesus dan menatang-Nya)
Dialog
Simeon : "Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu, sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel."
"Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan.

….. dan engkau Maria “suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri--,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang." (Luk 2 ; 35)
------------- selingan musik : Saved by Grace ----------------

Babak X : Salib
Backing Vocal : Cambuk mengalir begitu deras
Latar
(Yesus berjalan memikul Salib mengelilingi panggung…dan kembali)
Prolog
Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan : apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?

Sesungguhnya karena Engkau tidak berkenan kepada kematian seseorang yang harus ditanggungnya, Engkau datang mencari dan menyelematkan yang hilang…karena Engkau tak pernah lupa akan ciptaan-Mu. Karena kasih yang tak terungkapkan…..Engkau tak peduli…jika untuk menebus… Engkau harus tersalib……. Engkau kisahkan sendiri….dengan lobang paku ditanganMu……. Kisah Kasih yang menembus batas-batas.

Oleh karena Sion aku tidak dapat berdiam diri,
dan oleh karena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang,
sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya
dan keselamatannya menyala seperti suluh. (Yes 62 ; 1)

Tampilan Slide
Gambar Yesus Tersalib

Desember 2007

Poltak Marbun,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar