Selasa, 07 September 2010

“YESUS ADALAH MESIAS”

(Matius 16 ; 16)

Babak I.
Prolog : Ketika Yesus datang dan menyatakan Diri sebagai Mesias yang dijanjikan Allah dan dinantikan Israel, berbagai tanggapan muncul. Banyak orang bertanya tentang dirinya. Dan pada suatu ketika Yesus pun bertanya kepada murid-muridNYA siapakah DIA. Inilah Liturgi Pragmen berjudul “Yesus adalah Mesias”

(Latar …. Seorang Buta dengan tongkat .. Seorang Kerasukan Setan…Orang tua dengan anak nya mati).

(Orang buta) : “Yesus …Yesus anak Daud …. ……… Aku mau sembuh.

(Orang kerasukan Setan) : “Yesus ..Yesus Anak Allah Yang Maha Kudus apa urusan-Mu dengan kami?
(Yesus memelototi ………kemudian sembuh.)

(Orangtua) : “Yesus… Tolong anakku sakit keras. Dialah anakku satu-satunya.
(Teman Yairus) : “Yairus ..sudahlah anakmu sudah mati”
(Yesus menghidupkan orang mati)

(Yesus memberi makan 5000 orang)
( Back Ground Musik Lagu : Dua ikan dan Lima Roti)

Babak II.
(Latar …. Banyak orang mengikut Yesus sambil membicarakan mujizat yang dilakukannya)
Prolog : Melihat mujizat yang dilakukan Yesus banyak orang mengelu-elukan dan mengikut DIA .
(Yesus berjalan ……. kemudian menoleh).

Yesus : “ Serigala mempunyai liang, burung mempunyai sarang , tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan Kepala-NYA …. Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut AKU…..” (Mat 8;34 : Mark 8 ; 34)

Babak III.
Prolog : “ Israel gagal mengenali Yesus. Ketika Mesias yang dijanjikan itu datang .. mereka mengharapkannya sebagai Panglima Perang yang dapat mengalahkan Roma yang pada saat itu menjajah mereka. Mereka rindu Mesias ini membawa kejayaan seperti zamannya Daud. Rindu kembali kepada zaman Salomo yang dapat membangun Bait Suci dengan Emas dan Perak. Mereka mengharapkan Yesus pembawa berkat, pembawa kejayaan dan pembawa kekayaan. Israel …. mempunyai pola pikir tersendiri seperti apakah seharusnya Mesias. Ketika sang Mesias tersalib, merupakan penghinaan kehormatan dan mengusik tradisi keagamaan mereka. Yesus tidak memenuhi kriteria dan harapan mereka, merekapun menolak dan menghujad DIA.
Di zaman inipun kita sering mempunyai pola pikir tersendiri seperti apa seharusnya Mesias sesuai dengan harapan dan kebutuhan kita sementara. Kita mengharapkan Dia pemberi pekerjaan, kekayaan dan kehormatan yang pada akhirnya kitapun kecewa. Inilah orang-orang yang di zaman ini yang mengikut Yesus namun gagal mengenali NYA.
(Latar …Yesus berjalan dan diikuti beberapa orang……….. ditengah perjalanan Yesus meninggalkan mereka)

(Orang yang melayani, menghadapi badai kehidupan, berbagai kekecewaan hidup lalu depresi dan akhirnya meninggalkan Yesus).

Prolog : Sering sekali dalam perjalanan kehidupan mengikut Tuhan, kita diperhadapkan berbagai masalah. Kitapun mempertanyakan Dimanakah Tuhan saat-saat kita mengalami pergumulan berat, beruntun dan berkepanjangan. Inilah orang yang mengalami degradasi nilai-nilai kehidupan membuat dia kecewa, depresi dan akhirnya meninggalkan Tuhan. Bagi dia Yesus hanyalah penyelesai masalah di dunia yang sementara dan bukan dosa-dosanya.

(Orang yang membawa lamaran….membawa kesana-kemari namun tidak mendapat pekerjaan… kemudian berlutut berdoa memohon ….. mencium lamaran sangat berharap mendapat pekerjaan namun masih saja tidak mendapat pekerjaan…. akhirnya kecewa dan meninggalkan Yesus).

Prolog : Inilah orang yang mengikut Yesus yang mengharapkan Yesus memberinya pekerjaan, sampai batas kesabarannya hilang pekerjaan yang diharapkannya tak kunjung ada, diapun kecewa dan meninggalkan Yesus. Baginya Yesus hanyalah pemberi pekerjaan.

(Seorang lagi yang mencari pekerjaan ………akhirnya menyogok)

(Orang yang melihat satu angkatannya sudah kaya dan dia melihat keadaannya sedih…..lalu kecewa dan meninggalkan Tuhan dan pelayanannya)

Prolog : Inilah orang yang melihat satu angkatannya yang tidak mengikut Tuhan, tapi sukses dan kaya. Lalu melihat dirinya, meratapinya, mempertanyakan upahnya dalam mengikut Tuhan, kecewa lalu meninggalkan Tuhan. Baginya Yesus hanyalah pemberi berkat dan kekayaan.

(Adengan ini disaksikan oleh seorang setia yang mengenali semua orang diatas)

(Semua orang diatas meninggalkan tempat dengan sikap kecewa dan menolak Yesus)

(Yesus datang ……menatap dengan tajam dan mata kasihan)

Yesus : “ Wahai……betapa baiknya jika hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu.” (Luk 19 ; 42)


Babak IV.
( Orang setia merenungi dirinya menjerit dan meratap. Yesus datang dengan mahkota duri dan tangan berdarah)
( Back Ground Musik Lagu : Save By Grace By : Fanny C)

Yesus : Menurut kamu Siapakah AKU………………?

Orang setia : (Dengan nada haru… )
“Yesusku … Allahku…segala-galanya bagiku…aku tidak menganggap sepi Kasih-MU disetiap keadaan yang kualami. Aku tahu Engkau sanggup menyediakan apapun yang kubutuhkan, namun jikalaupun tidak aku akan tetap ikut di KAU. Kasih Karunia … Keselamatan itu cukuplah bagiku untuk selalu mengucap syukur dan setia mengikut Engkau” (Back Ground Lagu “ Great Hallelluyah” By: Handel)

Prolog : “ Yesus adalah Mesias…. Anak Allah yang Hidup …DIA datang karena kita sudah jatuh dalam dosa. DIA datang karena kita membutuhkan JURUSELAMAT. DIA datang bukan untuk kekayaan, pekerjaan, berkat dan kehormatan namun jauh lebih dalam, DIA datang untuk menyelamatkan hidup kita yang lebih gelap dan lebih berbahaya, dan disana dipusat masalahnya yaitu dosa kita, DIA menumpahkan darah untuk tebusan bagi banyak orang. Kasih Karunia, Keselamatan adalah yang terutama karena tidak mungkin kita sediakan. Keselamatan sangat mahal, maka hargailah dia sebagimana seharusnya.

“Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang”.

LITURGI PRAGMEN
Natal 2003

Poltak Marbun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar